BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang Masalah
Era globalisasi dewasa ini dan di masa datang
sedang dan akan mempengaruhi perkembangan sosial budaya masyarakat muslim
Indonesia umumnya, atau pendidikan
Islam, termasuk pondok pesantren khususnya. Bahwa masyarakat muslim
tidak bisa menghindarkan diri dari proses globalisasi tersebut, apalagi jika
ingin survive dan berjaya di tengah perkembangan dunia yang kian
kompetitif di masa kini dan masa depan. Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi saat ini, segala kegiatan dalam kehidupan sehari-hari akan berbasis komputer. Maka dalam suatu instansi, komputer merupakan kebutuhan untuk menciptakan,
memperoleh, dan
memproses
suatu
system
informasi yang setiap saat selalu berkembang. Oleh karena itu setiap orang harus mampu berupaya mengikuti arus informasi
yang berkembang di dunia teknologi ini.
Pondok Pesantren Darut Tafsir
Al-Husaini Depok
berdiri
sejak
tahun 1997. Berdiri sebagai sebuah lembaga pendidikan dengan integrasi system pendidikan pesantren modern, sistem pesantren tradisional dan sistem pendidikan nasional. Sebagai lembaga pendidikan islam pondok pesantren sepanjang sejarahnya
telah berperan besar dalam upaya-upaya meningkatkan kecerdasan dan martabat manusia.
Sejak zaman penjajah, pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang tumbuh
dan berkembang ditengah-tengah masyarakat eksistensinya telah mendapat
pengakuan masyarakat. Ikut terlibat dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa
hanya dari segi moril, namun telah pula ikut serta memberikan sumbangsih yang
cukup signifikan dalam penyelenggaraan pendidikan. Sebagai pusat pengajaran
ilmu-ilmu agama Islam (tafaqquh fiddin)
telah banyak melahirkan ulama, tokoh masyarakat, muballigh, guru
agama yang sangat dibutuhkan masyarakat. Hingga kini Pondok Pesantren Darut
Tafsir Al-Husaini Depok konsisten melaksanakan fungsinya dengan baik, bahkan
sebagian telah mengembangkan fungsinya dan perannya sebagai pusat pengembangan
masyarakat.
Tugas pokok yang
dipikul pondok pesantren selama ini pada esensinya adalah mewujudkan manusia
dan masyarakat muslim yang beriman dan
bertaqwa kepada Allah Swt, dalam kaitan ini secara lebih khusus lagi, pondok
pesantren bahkan diharapkan berfungsi lebih dari pada itu; ia diharapkan agar
memikul tugas yang tak kalah pentingnya, yakni melakukan reproduksi ulama’.
Dengan kualitas keislaman, keimanan, keilmuan dan akhlaknya, para santri
diharapkan mampu membangun dirinya dan masyarakat sekelilingnya. Dalam
menghadapi era globalisasi dan informasi pondok pesantren perlu meningkatkan
peranannya karena Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw sebagai agama yang
berlaku seantero dunia sepanjang masa. Ini berarti ajaran Islam adalah global
dan melakukan globalisasi untuk semua. (surat al-Hujurat:13) kunci dari ayat
diatas yakni setiap persaingan yang keluar sebagai pemenang adalah yang
berkualitas, yaitu memiliki iman-takwa, kemampuan, ilmu globalisasi,
berkontribusi pada pembangunan masyarakat dan kesejahteraan sosial, lentur, dan
adaptif terhadap berbagai perubahan.
Saat ini Pondok Pesantren Darut Tafsir Al-Husaini Depok masih
menggunakan cara manual dalam mengolah informasi sekolah, sehinggsa kurang
efektif, kurang efisien dan masih sering terjadi kesalahan dalam informasi,
akses datanya kurang tepat serta kurang terorganisir dengan baik sehingga
keakuratan datanya kurang dan penyimpanan data masih sering terjadi kesalahan.
Program informasi yang dibutuhkan Pondok Pesantren Darut Tafsir Al-Husaini
Depok adalah program Web yang menghasikan informasi yang akurat dalam bentuk
Web yang dibutuhkan oleh santri/santriwati dan calon santri/santriwati untuk
informasi. Pondok Pesantren Darut Tafsir Al-Husaini Depok menggunakan
basis Web sebagai
media penyimpanan data-data yang telah diolah. Program Web yang diperlukan oleh Pondok Pesantren Darut Tafsir Al-Husaini Depok dapat membantu sekolah untuk menganalisa dan mengolah data-data informasi agar lebih terorganisir, terkomputerisasi, dan lebih praktis. Berdasarkan uraian di atas maka penulis tertarik untuk membuat tugas akhir ini yaitu dengan judul “Perancangan Sistem Informasi Sekolah Berbasis Web pada Pondok Pesantren
Darut Tafsir Al-Husaini Depok
Depok”.
1.2. Maksud dan Tujuan
Maksud dari penyusunan
Tugas Akhir ini adalah:
1.
Membuat program Web berbasis data. Untuk
informasi kepada halayak.
2.
Meminimalisir kesalahan informasi maupun data karena langsung diolah
Web.
3.
Merupakan suatu alat untuk mengukur
kemampuan mahasiswa/i dalam
menyerap semua ilmu yang diperoleh selama
perkuliahan.
4. Merupakan
suatu alat untuk mengukur kualitas mahasiswa yang akan
diluluskan.
5. Memberi
masukan untuk lebih meningkatkan mutu pengajaran pada
Rumah
Gemilang Indonesia Jurusan Aplikasi Perkantoran.
Adapun
tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah sebagai salah satu syarat
kelulusan pada jurusan Aplikasi Perkantoran Rumah Gemilang Indonesia (RGI).
1.3. MetodePenelitian
Metode penelitian
merupakan langkah penting dalam penyusunan tugas akhir khususnya bagi
perancangan sistem.
A. Metode Pengembangan Perangkat Lunak
Dalam metode perancangan, dapat ditempuh
dengan beberapa
tahap antara lain sebagai berikut :
1.
Perencanaan Sistem (System Planning/Analisys)
Seluruh kebutuhan
software harus bisa didapatkan dalam fase ini, termasuk di dalamnya kegunaan
software yang diharapkan pengguna dan batasan software. Informasi ini biasanya
dapat diperoleh melalui wawancara, survey atau diskusi. Informasi tersebut
dianalisis untuk mendapatkan dokumentasi kebutuhan pengguna untuk digunakan
pada tahap selanjutnya.
2.
Desain Sistem (Designing)
Tahap ini dilakukan
sebelum melakukan coding. Tahap ini
bertujuan untuk memberikan gambaran apa yang seharusnya dikerjakan dan
bagaimana tampilannya. Tahap ini membantu dalam menspesifikasikan kebutuhan
hardware dan sistem serta mendefinisikan arsitektur sistem secara keseluruhan.
3. Penulisan
Kode (Coding)
Dalam
tahap ini dilakukan pemrograman. Pembuatan software dipecah menjadi modul-modul
kecil yang nantinya akan digabungkan dalam tahap berikutnya. Selain itu dalam
tahap ini juga dilakukan pemeriksaaan terhadap modul yang dibuat, apakah sudah
memenuhi fungsi yang diinginkan atau belum.
4. Pengujian Sistem (Testing)
Tahapan ini bisa
dikatakan final dalam pembuatan
sebuah sistem. Setelah melakukan analisa, desain dan pengkodean maka sistem
yang sudah jadiakan dilakukan pengetesan sebelum akhirnya benar-benar
digunakan.
5. Pemeliharaan
Web (Maintenance)
Perangkat lunak yang
sudah disampaikan kepada pelanggan pasti akan mengalami perubahan. Perubahan
tersebut bisa karena mengalami kesalahan karena perangkat lunak harus menyesuaikan
dengan lingkungan (periperal atau system operasi) baru, atau karena
pelanggan membutuhkan perkembangan fungsional.
B. Teknik pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis
dalam melakukan pengumpulan data untuk pembuatan Tugas Akhir adalah:
Didalam
kegiatan penelitian penulis melakukan pengumpulan data melalui cara:
1. Pengamatan (Observation)
Penulis
melakukan pengamatan-pengamatan langsung terhadap kegiatan yang berhubungan
dengan masalah yang diambil. Hasil dari pengamatan tersebut langsung dicatat
oleh penulis dan dari kegiatan observasi ini dapat diketahui kesalahannya atau
proses dari kegiatan tersebut.
2.
Wawancara (Interview)
Dalam
penulisan tugas akhir ini, untuk mendapatkan informasi secara lengkap maka
penulis melakukan suatu metode suatu tanya jawab mengenai semua kegiatan yang
berhubungan dengan pembuatan Web sekolah di Pondok Pesantren Darut Tafsir Al-Husaini Depok.
3. Studi Pustaka (Library
Research).
Selain
melakukan kegiatan tersebut diatas penulis juga melakukan studi kepustakaan
melalui literatur-literatur atau referensi-referensi yang ada.
1.4. Ruang Lingkup
Implementasi
tugas akhir ini dalam pembuatan program Web sekolah Pondok Pesantren dibatasi
pada hal-hal sebagai berikut:
1. Sistem
yang dibangun disesuaikan dengan proses Web yang telah berjalan
di Pondok Pesantren Darut Tafsir Al-Husaini Depok Depok.
2. Sistem
ini meliputi informasi data siswa, pendidik dan tenaga
kependidikan.
3. Sistem
yang dibangun merupakan program berbasis web dengan
menggunakan Xampp, Wordpress dengan
database PhpMyAdmin dan
editor notepad++ dan sistem operasi yang
digunakan Windows7.
1.5.
Sistematika Penulisan
Sebelum membahas lebih
lanjut, sebaiknya penulis menjelaskan dahulu secara garis besar mengenai
sistematika penulisan, sehingga memudahkan pembaca memahami isi tugas akhir
ini.
Dalam penjelasan sistematika penulisan
tugas akhir ini adalah:
BAB
I PENDAHULUAN
Dalam bab ini diuraikan masalah umum, maksud dan
tujuan penulisan tugas akhir, metode penelitian, ruang lingkup dan sistematika
penulisan.
BAB
II LANDASAN TEORI
Dalam bab ini berisikan tentang uraian konsep dasar
sistem dan peralatan pendukung sistem (tool
system) serta teori-teori pendukung yang digunakan dalam pembuatan
aplikasi.
BAB
III ANALISA SISTEM BERJALAN
Dalam bab ini menjelaskan tentang umum, tujuan
perusahaan dengan menguraikan sejarah perusahaan dan struktur organisasi dan
fungsi, prosedur sistem berjalan, diagram alir data (DAD) sistem berjalan,
kamus data sistem berjalan, spesifikasi sistem berjalan yang memiliki sub
antara lain berisi spesifikasi bentuk dalam keluaran, bab ini juga menguraikan
tentang permasalahan dan alternatif pemecahan masalah.
BAB
IV PENUTUP
Bab ini merupakan bab terakhir yang berisikan
kesimpulan dari apa yang dibahas, dilanjutkan dengan saran-saran untuk mencapai
suatu hasil akhir yang baik.
Tidak ada komentar:
Write komentar